Onlist Indonesia

Jual Beli properti menjadi mudah bersama Onlist

Cermat Sebelum Membeli Rumah

Cermat Sebelum Membeli Rumah

Cermat Sebelum Membeli Rumah

Rumah adalah salah satu hunian yang paling banyak dipilih oleh orang. Berbagai tipe rumah sudah banyak di pasarkan, seperti tipe 21, 36, 45, 60. Oleh karena itu banyak orang tertarik untuk membeli rumah dengan harga murah apapunh tipenya. Tidak semua agen properti jual rumah dengan harga murah, karena biasanya hanya memberikan diskon saja untuk setiap unit rumahnya. Maka dari itu, cermat sebelum membeli rumah adalah kunci yang penting untuk di lakukan. Berikut ini adalah cara paling efektif sebelum kita membeli rumah..

  • Pertimbangkan Lokasi Perumahan

Lokasi adalah pertimbangan utama saat hendak membeli properti. Hal ini berkaitan dengan akses transportasi, fasilitas umum yang ada di sekitar perumahan, lingkungan perumahan tersebut, hingga prospek kedepannya. Kebutuhan per orang memang berbeda-beda. Namun pastikan setidaknya perumahan dekat dengan fasilitas kesehatan dan grocery store atau pasar. Hindari perumahan yang dekat dengan kawasan Industri atau SUTET.Fasilitas lain seperti sekolah, universitas, pusat perbelanjaan besar, dan lain-lain pula dapat menjadi pertimbangan. Ketahui apa yang kamu butuhkan di sekitar rumah sebelum memilih perumahan.

  • Lakukan Survei ke Lokasi Perumahan

Telah mengumpulkan banyak data, pasti ada beberapa perumahan yang jadi favorit. Membeli properti pasti tidak lengkap kalau tidak melihat secara langsung. Pastikan untuk melakukan survei ke lokasi yang disukai terlebih dahulu. Bahkan sebelum kamu membuat janji dengan pihak pengembang atau advertising and marketing perumahan. Agar anda tidak menjadi korban penipuan, lebih baik anda datang langsung ke lokasi properti tersebut. Karena apa yang kita lihat di brosur atau di web mungkin dapat berbeda dari kondisi aslinya. Supaya tidak salah pilih perumahan, survei langsung wajib kamu lakukan.

  • Cek Kredibilitas Developer

Jika anda memakai agent properti dari salah satu developer, ada baiknya anda harus cek dahulu keberadaannya benar atau tidak. Properti adalah barang mewah. Karena itu jika ditawari harga murah yang jauh dari standar tentu bisa aneh, bukan? Sebaiknya cek kredibilitas developer perumahan yang dipilih. Jangan sampai memilih developer bodong. Jangan sampai anda tergoda ketika di tawarai harga rumah murah dengan iming-iming berlebihan. Harganya jauh lebih rendah dari perumahan lain di lokasi yang sama? Jangan langsung 100% percaya. Lebih baik berhati-hati daripada terlanjur salah pilih.

  • Bandingkan Perumahan Dengan Lokasi yang Sama

Anda dapat membandingkan perumahan di lokasi yang sama. Baik itu dari segi harga maupun fasilitas yang ditawarkan. Hal ini hanya dapat kamu dapatkan bila kamu punya data dan survei langsung. cari tau mengenai kinsep perumahan yang kamu pilih. Per perumahan memiliki konsep yang berbeda. Misalnya saja ada konsep minimalis, fashionable, atau klasik. Pilihlah konsep yang paling sesuai dengan seleramu dan keluarga. Karena properti yang anda beli nantinya akan menjadi asset berharga anda, jangan sampai anda mendapatkan harga yang mahal di pasaran.

  • Ketahui Kualitas Bangunan dan Lahan

Telah menjatuhkan pilihan pada beberapa perumahan yang favorit? Saatnya mengecek kualitas rumah di perumahan tersebut. Rumah dengan kualitas baik biasanya harganya lebih tinggi. Namun tetap saja potensi kecurangan tetap ada. Ada baiknya anda lihat lahan yang akan dibangun tersebut, apakah telah memiliki ijin atau belum, karena kebanyakn agen properti belum memiliki ijin tapi telah di pasarkan. Karena itu penting untuk melakukan survei langsung. Pastikan perumahan menawarkan rumah dalam kondisi yang baik dan aman. Bukan dibangun dengan kualitas asal-asalan.